Web Toolbar by Wibiya

The Wonders of Science

-----Keajaiban Dalam Ilmu Pengetahuan-----

Blog Popularity

7 Peninggalan Menakjubkan dan Berukuran Raksasa

  •  Nazca Lines - PERU
Nazca Lines merupakan salah satu tempat didunia yang sampai saat ini masih banyak diliputi misteri.Banyak pertanyaan-pertanyaan muncul mengenai asal usulnya. Peradaban mana yang telah menciptakannya?Lalu bagaimana cara mereka membuatnya?apakah tujuan dari pembuatan Nazca Lines itu sendiri? Ya,semua pertanyaan-pertanyaan yang sering dijumpai diatas sampai saat ini masih belum bisa dijawab dengan pasti.
Nazca Lines terletak di Kawasan Pampa,Propinsi Nazca,Peru.Kawasan disebelah selatan Ibu Kota Peru,Lima terdiri dari hamparan tanah tandus seluas kurang lebih 450 km persegi. Nazca Lines sendiri baru mulai marak diperbincangkan pada era tahun 1920'an,bermula dari cerita kebanyakan para penumpang pesawat terbang yang melintas daerah Nazca,mengaku seperti melihat garis-garis samar membentuk berbagai macam bentuk makhluk hidup (hewan) dengan dimensi yang besar.(tahun 1920'an merupakan era baru dalam penerbangan komersial di wilayah Amerika) Sejak kabar penemuan itu,para arkeolog dari seluruh belahan dunia berbondong-bondong datang ke daerah Nazca untuk melihat dan meneliti lebih lanjut mengenai Nazca Line.
Dari hasil observasi,didapat kesimpulan bahwa Nazca Lines dibangun kira-kira sekitar 2000 tahun yang lalu.Namun,sampai saat ini,penjelasan mengenai peradaban manakah yang telah membuat Nazca Lines masih belum bisa dipastikan.Karena tingkat kerumitan dalam pengerjaannya, banyak orang berbendapat bahwa Nazca Lines diciptakan oleh makhluk luar angasa atau Alien. Menurut mereka apakah mungkin peradaban zaman dulu dengan peralatan yang mungkin sangat sederhana mampu membuat Nazca Lines dengan bentuk yang sangat sempurna dan berdimensi besar (tapi klo menurtku sih mungkin aja,soalnya teknologi-teknologi perdaban masa lampau juga oke-oke,nggak kalah sama teknologi masa kini).Pembangunnya sendiri mungkin mengikuti kaedah astronomi,misalnya mengikuti suatu petunjuk tata letak dari rasi bintang.
Namun,Arkeolog banyak menghubungkan Nazca Lines dengan suatu Peradaban Kota purba disekitar Nazca,yaitu Cahuachi. Dugaan mereka,mungkin suku-suku dari Cahuanchi lah yang talah menciptakan Nazca Lines.Sebab pada sebuah penelitian direruntuhan kota purba tersebut,selain banyak ditemukan mummi,juga terdapat semacam monumen yang menggambarkan keadaan Nazca Lines dimasa silam.Tapi mungkin saja dugaan ini salah,dimungkinkan juga sebelum peradaban Cahuachi muncul,Nazca Lines sudah ada terlebih dahulu.
Lalu,apa sebab lukisan-lukisan/citra garis dari Nazca Lines bentuknya masih bisa terjaga sampai saat ini? Hal tsb dikarenakan kedaan iklim di daerah padang tandus Nazca sendiri sangat bersahabat bagi kelesetarian bentuk-bentuk garis Nazca Lines.dengan curah hujan yang sangat rendah ditiap tahunnya,hal ini dapat menghindarkan garis-garis Nazca Lines dari ancaman pengikisan oleh air/pemudaran oleh air. Sebab lainnya karena struktur tanah tandus Nazca sangat keras,sehingga memungkinkan kontur-kontur garis dapat tercetak dengan padat pada tanah tanpa adanya ancaman perubahan bentuk oleh pengikisan angin sekalipun. Setiap Garis-garis kontur pada Nazca Lines sendiri juga diberi perlindungan khusus oleh para penciptanya,yaitu dengan cara memberikan mereka lapisan krikil kecil dan platina disetiap pinggiran garis,dengan demikian bentuk-bentuk kontur garis dari Nazca Lines dapat terjaga bentuknya sampai saat ini,walupun usianya sudah beribu-ribu tahun lamanya.
  •  Megalitikum - CIANJUR



Situs Gunung Padang di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti Kecamatan Campaka, Cianjur, merupakan situs megalitik berbentuk punden berundak yang terbesar di Asia Tenggara. Ini mengingat luas bangunan purbakalanya sekitar 900 m2 dengan luas areal situs sendiri kurang lebih sekitar 3 ha.

Keberadaan situs ini peratama kali muncul dalam laporan Rapporten van de oudheid-kundigen Dienst (ROD), tahun 1914, selanjutnya dilaporkan NJ Krom tahun 1949. pada tahun 1979 aparat terkait dalam hal pembinaan dan penelitian bend cagar budaya yaitu penilik kebudayaan setempat disusul oleh ditlinbinjarah dan Pulit Arkenas melakukan peninjauan ke lokasi situs. Sejak saat itu upaya penelitian terhadap situs Gunung Padang mulai dilakukan baik dari sudut arkeologis, historis, geologis dan lainnya.Bentuk bangunan punden berundaknya mencerminkan tradisi megalitik (mega berarti besar dan lithos artinya batu) seperti banyak dijumpai di beberapa daerah di Jawa Barat. Situs Gunung Padang yang terletak 50 kilometer dari Cianjur konon merupakan situs megalitik paling besar di Asia Tenggara.

Di kalangan masyarakat setempat, situs tersebut dipercaya sebagai bukti upaya Prabu Siliwangi membangun istana dalam semalam.Dibantu oleh pasukannya, ia berusaha mengumpulkan balok-balok batu yang hanya terdapat di daerah itu. Namun, malam rupanya lebih cepat berlalu. Di ufuk timur semburat fajar telah menggagalkan usaha kerasnya, maka derah itu kemudian ia tinggalkan. Batu-batunya ia biarkan berserakan di atas bukit yang kini dinamakan Gunung Padang. Padang artinya terang.

Punden berundak Gunung Padang, dibangun dengan batuan vulkanik masif yang berbentuk persegi panjang.Bangunannya terdiri dari lima teras dengan ukuran berbeda-beda. Batu-batu itu sama sekali belum mengalami sentuhan tangan manusia dalam arti, belum dikerjakan atau dibentuk oleh tangan manusia.Balok-balok batu yang jumlahya sangat banyak itu tersebar hampir menutupi bagian puncak Gunung Padang. Penduduk setempat menjuluki beberapa batu yang terletak di teras-teras itu dengan nama-nama berbau Islam. Misalnya ada yang disebut meja Kiai Giling Pangancingan, Kursi Eyang Bonang, Jojodog atau tempat duduk Eyang Swasana, sandaran batu Syeh Suhaedin alias Syeh Abdul Rusman, tangga Eyang Syeh Marzuki, dan batu Syeh Abdul Fukor.

  •  Stonehenge - SKOTLANDIA

Stonehenge merupakan suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Ia terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 kilometer (8 batu) barat laut Salisbury. Stonehenge mencakup bangunan tambak tanah yang mengelilingi batu besar berdiri tegak dalam bulatan, yang dikenal sebagai megalitikum. Terdapat pertikaian mengenai usia sebenarnya lingkaran batu itu, tetapi kebanyakan arkeolog memperkirakan bahwa sebagian besar bangunan Stonehenge dibuat antara 2500 SM sampai 2000 SM. Bundaran tambak tanah dan parit membentuk fase pembanguan monumen Stonehenge yang lebih awal yang berasal dari waktu sekitar 3100 SM.
Pada awal abad ke-20, kebanyakan dari batu-batu itu tidak lagi tegak berdiri. Hal ini kemungkinan disebabkan karena banyaknya wisatawan yang menaiki Stonehenge pada sekitar abad ke-19 karena keingin tahuan mereka yang besar. Semenjak itu, telah dilakukan tiga tahap renovasi untuk menegakkan kembali batu yang miring atau terbalik, dan untuk mengembalikan batu-batu tersebut ke tempat semula dengan teliti. Secara tidak langsung, ini berarti bentuk Stonehenge tidak lagi asli seperti asalnya seperti yang disebutkan dalam promosi pariwisata. Sebaliknya, sebagaimana peninggalan sejarah yang lain, tahap-tahap renovasi telah dilakukan.
Stonehenge merupakan nama yang diberikan kepada tugu peringatan yang dikenal sebagai henge yang terdiri dari kurungan atau lingkaran tambak dengan parit di dalam. Sebagaimana yang sering terjadi dalam istilah arkeologi ini merupakan istilah warisan dari penguasa zaman kuno dan sepatutnya Stonehenge tidak boleh dikelompokkan sebagai henge sebenarnya, disebabkan tambaknya berada di bagian sebelah dalam parit. Walaupun seusia dengan henges zaman Neolithikum yang menyerupai Stonehenge, Stonehenge mungkin memiliki keterkaitan dengan bulatan batu lain yang terdapat di British Isle seperti Cincin Brodgar namun ukuran trilitonnya sebagai contoh menjadikannya unik.
Tempat ini dimasukkan dalam daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986.

  •  Moai Pulau Paskah - CHILE
Moai adalah patung-patung yang terdapat di Pulau Paskah yang dipahat dari batu . Sebagian besar patung tersebut berjenis monolitis, atau dipahat dari satu batu saja, walaupun ada juga yang mempunyai batu Pukau tambahan terpisah yang diletakkan di bagian kepala. Terdapat lebih dari 600 Moai yang tersebar di seluruh pulau. Sebagian besar moai dipahat dari batu karang vulkanik lunak yang terdapat di daerah Rano Raraku, di mana tersisa sekitar 400 moai lainnya yang belum jadi. Tambang tersebut sepertinya ditinggalkan tiba-tiba. Hampir seluruh moai yang telah selesai dipahat kemudian dihancurkan oleh penduduk pribumi setempat pada masa setelah berakhirnya konstruksi.

Walaupun biasanya teridentifikasi melalui "kepala", banyak moai yang mempunyai bahu, lengan dan batang tubuh yang telah tertimbun selama bertahun-tahun. Makna "moai" masih belum diketahui walaupun banyak teori mengenai asal-usul patung-patung ini.

Teori yang paling dikenali ialah moai tersebut dipahat oleh penghuni asal Polinesia lebih dari seribu tahun lalu. Moai diyakini mewakili arwah leluhur (sebagai penanda kuburan), atau mungkin mewakili tokoh terkemuka serta sebagai simbol status keluarga. Moai sangatlah mahal untuk dipahat dan membutuhkan waktu yang lama. Moai juga harus diangkut untuk mencapai lokasi terakhir di sepanjang pulau. Tidak diketahui secara pasti bagaimana moai diangkut, tetapi proses tersebut pasti memerlukan kerekan atau/dan kayu gelondongan.
Legenda kuno setempat menceritakan kisah seorang kepala suku yang mencari rumah baru. Lokasi yang dia pilih sekarang dikenal sebagai Pulau Paskah. Ketika dia meninggal, pulau tersebut dibagi-bagikan untuk anak-anak lelakinya. Setiap kali kepala dari suku ini meninggal, sebuah moai diletakkan di makam si kepala suku. Penduduk setempat percaya patung itu akan menangkap "mana" (kekuatan gaib) kepala suku. Menurut mereka, dengan menjaga "mana" di pulau itu, keberuntungan akan terjadi, hujan akan turun dan tanaman akan tumbuh. Legenda ini barangkali sudah berbeda dari yang aslinya karena ia diturunkan dari berbagai generasi. Mungkin saja legenda ini ditambahi "sensasi" agar lebih menarik.
Ada yang berspekulasi bahwa moai dibangun oleh masyarakat kelas bawah untuk memuliakan kelas atas. Orang kelas bawah dipaksa bekerja pada bidang ini. Setelah bertahun-tahun bekerja, kelas bawah memberontak dengan keras. Akibatnya, banyak patung yang hancur, jumlah penduduk berkurang hingga ratusan orang dan menimbun sejarah Pulau Paskah selama-lamanya.
  •  Gobekli Tepe - Turki
Göbekli Tepe Merupakan Kuil Kuno di Turki Timur Selatan, di Provinsi Sanliurfa di dataran Harran menuju Suriah di dekat salah satu jalur Efrat. Peradaban kuno pada tahun 9.000 SM dan rupanya ditinggalkan saat pasokan air disekitarnya mengering. Situs berada dalam pengawasan Yerikho conservativemythology.bayangkan peradaban yang maju ada jaman megalitikum dan perkembangan kepercayaan seperti kuil.











  •   Mesa Verde - AMERIKA SERIKAT
Mesa Verde National Park adalah satu-satunya taman di Amerika Serikat, yang secara eksklusif berfokus pada arkeologi. Itu terletak sekitar 15 km dari kota Cortez di Colorado pada titik di mana batas-batas hari ini datang bersama empat negara bagian. Nama diterjemahkan berarti "meja hijau." Pemukiman Mesa Verde memperoleh antara 6 dan 12 abad ke dataran tinggi pada ketinggian sekitar 2.600 meter di atas permukaan laut. Rumah-rumah mereka dibangun Anasazi budaya India. Ini adalah beberapa desa yang dibangun vytesáním India ke batu. Sekitar tahun 1300, ini tinggal batu-kiri dan terus tetap berpenghuni. Barulah pada tahun 1888 Mesa Verde tertarik menjadi ilmuwan dan arkeolog, untuk melihat bagaimana Anasazi Indian tinggal. Menurut saat ini pengetahuan, di sana telah tumbuh setidaknya 4 desa, yang telah muncul bersamaan dengan budaya dan perkembangan generasi masyarakat adat. Pertama, untuk konstruksi atap menggunakan campuran jerami, kemudian dipecat batu bata. Waktu, yang lebih kecil dengan pertumbuhan penduduk desa berubah menjadi kota yang lebih besar dan hanya batu kota bergema ke dataran berikutnya. Kota tumbuh terutama disebabkan oleh perdagangan keramik dan juga terima kasih kepada pertanian. Mungkin bangunan yang paling terkenal dari Mesa Verde National Park kompleks Istana adalah di tebing. Ini adalah bangunan dimensi yang sangat besar, yang bisa memakan waktu hingga ratusan orang di hampir 220 kamar. Bangunan ini dibangun sekitar tahun 1200 dan bertugas untuk tujuan pengumpulan dan pengorganisasian perayaan. Sejarah Mesa Verde berakhir sekitar 1300, ketika India meninggalkan kota sepenuhnya. Kemungkinan penyebabnya adalah kelaparan panjang karena kekeringan. Mesa Verde National Park dinyatakan pada tanggal 29 Juni 1906 dan meliputi area seluas 211 km2. Mesa Verde National Park adalah sebuah monumen yang dilindungi oleh UNESCO, saat ini Mesa Verde National Park berisi lebih dari 4.000 situs berbeda.
  •  Karnak  - MESIR


Candi Kompleks Karnak itu adalah di Mesir , tutup dari Luxor , untuk Utara arkeologi itu Thebes, Mesir, u Desa el Karnak, ca 500 km Selatan dari Kairo . Candi Kompleks Karnak adalah berdedikasi Dewa Amon dan adalah bernama setelah Arab desa el-Karnak. Ini itu tentang terbesar Candi di Mesir. Candi Kompleks Karnak adalah dibangun selama 1500 tahun. Konstruksi Candi dipimpin bertahap setiap orang besar Firaun. Candi Kompleks Karnak adalah bagian Kuno Kota Thebes. Kota adalah hari ini tertutup Pasir dan lumpur dari Nil. Candi Kompleks adalah dibagi untuk individu daerah. Adalah ini Resor Monte, Resor Mut dan Candi Amenhotep IV. Di daerah Monte adalah Gate Ptolemeus III. Tetno Resor tetapi tidak Publik tersedia. Kampus Mut berisi kecil Temples dan suci Danau dan halaman. Candi Amenhotep IV. adalah terbentuk kuil, obelisk, Kolom kamar dan halaman dengan kolam. Lebih jauh Ada melihat Candi Dewa Amon itu adalah dihiasi patung sphinx znározňujícími domba sebuah adalah suci hewan. Candi Kompleks Karnak adalah sekali dari mengunjungi Monumen di Mesir.

0 Comment:

Posting Komentar

Subscribe!

....::::::CAUTION !::::::....

DON'T COPY MY STYLE

Blog Archive

Please Follow !!

My Profile

Foto saya
http://www.facebook.com/TangoTequilaJr

Facebook Page

free counters

Label Posting

ajaib (2) alam semesta (17) aman (1) aneh (17) berbahaya (8) bumi (9) burung (3) cantik (5) cinta (1) eksotis (4) ekstrim (1) facebook (1) fakta (1) fenomena (5) flora dan fauna (2) gempa (1) handphone (1) ikan (3) ilmiah (4) ilmu pengetahuan (43) indah (26) indonesia (17) islam (2) jelek (1) kecelakaan (2) keren (22) kesehatan (17) kiamat (1) komputer (2) kotor (1) kuat (2) langka (1) ledakan (2) luar angkasa (4) luar biasa (4) lucu (4) makanan (3) manusia (5) masa depan (2) mematikan (4) mengagumkan (28) mengejutkan (1) mengerikan (14) militer (4) mimpi (1) misterirus (8) mitos (4) mobil (3) modern (1) negara (1) pekerjaan (2) penemuan (6) perbedaan (1) peristiwa (1) permainan (1) phobia (1) populer (3) rahasia (2) rawan (2) resiko (1) sejarah (29) senjata (7) tabrakan (1) tekhnologi (20) tempat (2) teraman (1) terbanyak (1) terbesar (15) tergila (1) terhebat (10) terkecil (1) terkenal (8) terkuat (4) tertinggi (1) unik (44) uvo (1)