1. Terowongan Laerdal
Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
 
Latar Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang dibangun dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana mempertahankan konsentrasi pengemudi. “Reaksi psikologis seseorang di dalam terowongan sangat penting … hal itu membuat perbedaan antara orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu,” kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda. “Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik.” Beberapa solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa terowongan yang lebih kecil.
2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis
    
   
   
  Background:    Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi    penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya    telah menunda penyelesaiannya.
 Mengapa    Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang    menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat  Bosporus   untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia.  Terowongan   Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di  dunia, dengan   kedalaman maksimum 180 meter.
                      
  
                
  
Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
 Latar Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang dibangun dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana mempertahankan konsentrasi pengemudi. “Reaksi psikologis seseorang di dalam terowongan sangat penting … hal itu membuat perbedaan antara orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu,” kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda. “Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik.” Beberapa solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa terowongan yang lebih kecil.
2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis
  Latar    Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini    menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan    31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
Mengapa    Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris  adalah   sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. “Ada    usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka    berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik,” kata  Hashash.   setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat  jika kedua   negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini.  Karena   panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil  untuk   jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di  dalam   terowongan.
3. Terowongan Zion-Mount Carmel
Lokasi : Zion Canyon, Utah
 
Lokasi : Zion Canyon, Utah
 Latar    Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion    di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
Mengapa    Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai    sarana pengemudi menikmati pemandangan. “Ketika Anda meninggalkan Sion    menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan    yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan    cantik,” kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir,    yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa  kali   selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24  jam.
4. Terowongan Smuggling
Lokasi : Tijuana, Mexico
 
Lokasi : Tijuana, Mexico

Latar    Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk    melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan    penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan    telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.
Mengapa    Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko    menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS,  meskipun   tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan  pencahayaan,   sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah  pernyataan   dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa  terowongan dibangun   selama dua tahun.
5. Marmaray Tunnel
Lokasi : Istanbul, Turki
 
Lokasi : Istanbul, Turki
 6. Thames Tunnel 
Lokasi : London, Inggris

Latar    Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak    mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat    dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah    tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
Mengapa    Unik : “Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah   pertama  kalinya konsep perisai tunneling digunakan,” Hashash   menceritakan. “Ini  adalah tonggak utama.” Perisai tunneling adalah   suatu alat yang  dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang   berfungsi sebagai  dukungan sementara struktur, konstruksi yang   memungkinkan kru untuk  aman, dan datar, menginstal sistem dukungan   permanen di bawah air.  Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang   baru pada awal abad  ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa   masuk di dalam lokasi  konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan   makan di dalam struktur  yang belum selesai. Ketika terowongan selesai   pada 1843, Ratu Victoria  memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel   untuk jasanya dalam dunia  konstruksi.
7. Seikan Tunnel
Lokasi : Honshu, Japan
 
Lokasi : Honshu, Japan
 Latar    Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau   Honshu  dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
Mengapa    Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel    adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5  mil   membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian   kawasan  geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para   insinyur  dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk   menghancurkan dan  menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.
8. Yerba Buena Island Tunnel
Lokasi : Bay Area, California
 
Lokasi : Bay Area, California
 Latar    Belakang : Yerba Buena Island adalah sepotong kecil tanah kosong di   San  Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan   lima  jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.
Mengapa    Unik : Dengan diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan    tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash    berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat    biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya    membangun satu jembatan besar.
9. Infiltration Tunnels
Lokasi : 38th Parallel DMZ
 
Lokasi : 38th Parallel DMZ
 Latar    Belakang : Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di  bawah   zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling  diperdebatkan  di  dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal  dari Korea  Utara,  dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat  ditemukan.
Mengapa    Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan   Ketiga  dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute   bawah tanah  Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan   militer  besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk   antar-jemput  seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan   bahwa sebanyak  20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting   hubungan antara Utara  dan Korea Selatan.
10. Natural Tunnel
Lokasi : Natural Tunnel State Park, Virginia
 
Lokasi : Natural Tunnel State Park, Virginia
 Latar    Belakang: Pembangunan terowongan ini dimulai jutaan tahun yang lalu,    ketika asam karbonat mulai menggerogoti batu kapur dan dolomit  bedrock.   Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal geologi pada  tahun 1832   adalah dokumentasi pertama dari keberadaan terowongan ini.
Mengapa    Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung    kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api    penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api  penumpang   tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk  mengangkut batu   bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum  terhadap struktur   alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden  tahuna1896 dan Woodrow   Wilson’s menteri luar negeri, menyatakan itu  adalah keajaiban dunia ke   delapan.
11. Eisenhower–Johnson Memorial Tunnel
Lokasi : Clear Creek County, Colorado
 
Lokasi : Clear Creek County, Colorado
 Latar    Belakang : Pengemudi akan menemukan ini terowongan dengan panjang  1,67   mil, sekitar satu jam di sebelah barat Denver di tengah-tengah   Rockies.  Dibuka pada tahun 1973, menyingkat hampir satu jam   dibandingkan rute  alternatif melalui Loveland Pass.
Mengapa    Unik : Ada banyak hal yang membuat Eisenhower Tunnel menonjol,  seperti   dengan ketinggian 11.158 kaki, yang menjadikannya salah satu   terowongan  yang tertinggi di dunia, serta fakta bahwa itu adalah   terowongan gunung  terpanjang di AS. Menambah struktur’s mistik adalah   bahwa ia memotong di  bawah Continental Divide, titik di mana   badan-badan air yang mengalir  ke Pasifik dibagi dari tubuh air yang   mengalir ke Atlantik.
12. Cheyenne Mountain Complex
Lokasi : El Paso County, Colorado
 
Lokasi : El Paso County, Colorado
 Latar    Belakang : Jauh di perut Cheyenne Mountain adalah sebuah kota-seperti    kompleks militer yang pernah menjadi pusat Pertahanan Luar Angkasa    Amerika Utara (NORAD). Dirancang selama puncak Perang Dingin, fasilitas    ini dimaksudkan untuk menahan ledakan nuklir dan dilengkapi dengan   fitur  mandiri, seperti menyediakan pasokan air dari mata air di gunung.
Mengapa    Unik : Karyawan di kompleks ini bolak-balik setiap hari menyusuri    terowongan sekitar 2000 kaki, perjalanan melalui beberapa pintu ledakan    seberat 25-ton di sepanjang jalan. Para Insiyur membangun terowongan   ini  dengan menembus batu granit padat. Fasilitas ini dibuka pada tahun    1966. “Granit merupakan batu yang sangat keras,” kata Hashash. “Untuk    struktur pelindung itu sangat baik.”
13.  MailRail
Lokasi : London, Inggris
  
Lokasi : London, Inggris
  Latar    Belakang: Beberapa kantor pos di bawah tanah telah bereksperimen   dengan  pengiriman surat. USPS digunakan pada sistem yang rumit selama   awal  abad ke-19, tapi London mengambil pendekatan yang sama sekali   berbeda  dan membangun rel kereta skala bawah tanah yang digunakan hanya   untuk  paket.
Mengapa    Unik : Sekitar 23 mil kereta surat lagu berlari sepanjang MailRail,   dan  terletak 70 meter di bawah hiruk pikuk keramaian dan jalan-jalan di    London. Selama masa kejayaan sistem ini, kereta listrik tak berawak    menyeret sebanyak 4 juta huruf perhari. Kereta bisa membuat itu dengan    melalui 6,5 mil-terowongan dalam waktu kurang dari setengah jam,    berhenti di sembilan stasiun yang menyortir surat di sepanjang jalan.    Penggunaan sistem di turunkan secara bertahap hingga tahun 2003, ketika    terowongan dan rel ditinggalkan karena kendala biaya.
14. Tokyo Bay Aqua-Line
Lokasi : Kawasaki City, Jepang
 
 Latar    Belakang: Jembatan dengan panjang hampir 3-mil ini masuk ke    6-mil-terowongan di wilayah rawan gempa bumi. Struktur dibuka untuk lalu    lintas pada tahun 1997, berfungsi sebagai sarana komuter antara    Kawasaki dan Kisarazu Kota Kota kurang lebih 45 menit sekali jalan.
Mengapa    Unik : Sementara kombinasi jembatan dan terowongan ada di seluruh    dunia, tempat istirahat besar dibangun di atas sebuah pulau buatan di    pintu masuk terowongan ini membuat Aqua-Line berdiri di antara mereka.    Pulau, yang disebut Umi-Hotaru, yang diterjemahkan menjadi    “kunang-kunang laut,” bertindak terutama sebagai tempat istirahat yang    terdiri dari toko-toko dan restoran, dan dek pengamatan yang tampak di    teluk.
15. PATH Tunnel System
Lokasi : Toronto, Canada
 
Lokasi : Toronto, Canada
 Latar    Belakang : Kanada pada musim dingin bisa brutal, tapi tunel ini    menyediakan kompleks bawah tanah yang sangat besar dengan cepat dan    hangat untuk sampai pada pusat kota Toronto. Lebih dari 100.000    penumpang setiap hari melewati sistem mal bawah tanah serupa, yang    merupakan rumah bagi lebih dari 1200 toko ritel.
Mengapa    Unik : Beberapa kota, termasuk Houston, Minneapolis dan Montreal,    memiliki sistem bawah tanah yang serupa, tetapi Toronto membuat    terowongan yang terbesar, sekitar 16 mil. Akuntansi untuk faktor-faktor    psikologis adalah suatu pertimbangan penting untuk kompleks ini,   Hashash  berkata, terutama ketika berorientasi ke pejalan kaki dengan   keberadaan  mereka dengan tepat. Toronto mengembangkan sistem signage   komprehensif  untuk kompleks terowongan selama tahun 1990-an, dan setiap   huruf di  sesuaikan dengan warna dan merepresentasikan arah yang   berbeda. Komuter  berjalan melalui bagian merah dapat yakin mereka   menuju selatan,  sementara oranye akan menunjukkan bahwa mereka sedang   berjalan ke barat.
16. Cu Chi Tunnels
Lokasi : Cu Chi, Vietnam
 
Lokasi : Cu Chi, Vietnam
 Latar    Belakang : ini labirin terowongan luas yang memainkan peranan penting    dalam strategi Vietkong selama kedua Perang Indochina Perancis dan    Perang Vietnam. Perkiraan pada ukuran sebenarnya terowongan berkisar    lebih dari 150 mil.
Mengapa    Unik : Sistem terowongan Vietkong dibangun di seluruh Vietnam, tapi    terowongan di Cu Chi telah menjadi tujuan wisata yang populer dalam    beberapa tahun terakhir. Pengunjung dapat bekerja dengan cara mereka    melalui ruang sempit, periksa jebakan mematikan dan bahkan mengunjungi    pusat komando bawah tanah di mana serangan Tet itu direncanakan.    Beberapa terowongan hanya beberapa meter, sementara yang lain telah    diperluas untuk mengakomodasi wisatawan yang lebih besar.
17. Gotthard Base Tunnel
Lokasi : Erstfeld, Swiss
 
Lokasi : Erstfeld, Swiss
 Latar    Belakang : Jika terowongan ini sudah selesai dikerjakan, ini akan    menjadi terowongan transportasi terpanjang dengan panjang lebih dari 35    kilometer. Pengeboran melalui Pegunungan Alpen Swiss bukanlah tugas   yang  mudah, sehingga batas waktu untuk penyelesaian telah mundur   beberapa  tahun, dan biaya telah meningkat sebesar miliaran euro.
Mengapa    Unik : Meskipun pegunungan, perjalanan kereta melalui Terowongan  Basis   Gotthard akan tetap pada ketinggian yang hampir sama untuk  seluruh   perjalanan. “Kebutuhan untuk mempertahankan elevasi adalah  suatu   pertimbangan penting jika Anda ingin menjalankan rel kecepatan  tinggi   melalui terowongan,” kata Hashash. Dan sementara biaya proyek  telah   meningkat, terowongan dapat memainkan peran penting dalam  meningkatkan   perdagangan antara Swiss, Italia, Jerman, Austria dan  banyak negara   Eropa lainnya.
18. Jiucyudong Tunnel
Lokasi : Taroko National Park, Taiwan
Lokasi : Taroko National Park, Taiwan

Latar    Belakang : Struktur buatan manusia ini juga dikenal sebagai Tunnel of    Nine Turns, referensi ke gulungan naga cerita rakyat populer di Cina   dan  mitologi.
Mengapa    Unik : The Tunnel of Nine Turns melalui tebing dan berjalan sepanjang    tepi sungai di Taroko National Park, sebuah daerah yang dikenal  karena   kekayaan geologi, termasuk bentuk giok endemik ke Taiwan.  Selesai pada   tahun 1996, struktur memberikan sekilas formasi marmer  alam yang unik,   batu-batu yang jatuh walaupun tidak menimbulkan  ancaman nyata-dan helm   mungkin diperlukan untuk pelancong.
sumber

0 Comment:
Posting Komentar